Belakangan ini, kehadiran perusahaan jasa teknologi keuangan atau financial technology (fintech) yang memperkenalkan Peer to Peer (P2P) Lending semakin menjamur. Sistem P2P Lending terkenal mudah dan cepat sehingga menjadi pertimbangan seseorang untuk mengakses platform ini, terutama bagi investor pemula.

P2P merupakan suatu sistem (platform) yang mempertemukan pemberi pinjaman (kreditur) dengan peminjam (debitur). Dalam P2P, uang yang dipinjam akan dikenakan sejumlah bunga. Nah karena sifatnya pinjaman langsung, Anda bisa menanamkan modal di platform ini, jadi investor. Berapa modal investasinya? Kecil kok, dimulai dari Rp100 ribu saja. Kemudahan inilah yang menjadi salah satu daya tarik investasi di P2P Lending.

Tapi perlu diingat, namanya investasi termasuk di investasi di P2P Lending. pasti ada keuntungan dan risikonya. Contohnya dapat imbal hasil (return) dari bunga yang dibebankan ke peminjam, sementara risikonya kehilangan dana akibat kredit macet.

Sebagai investor, Anda wajib memahami dengan baik berbagai risiko tersebut sejak awal, bahkan sebelum melakukan investasi. Investasi akan menguntungkan jika Anda bisa memahami dan mengelola risikonya dengan cara yang tepat.

Pinjam dana Usaha investasi di P2P Lending.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *